Sejarah Awal Penemuan Olahraga Golf

Olahraga golf adalah olahraga permainan dengan menggunakan alat pemukul khusus disebut stick atau golf club untuk memukul bola sampai masuk ke dalam lubang yang dimainkan di lahan luas yang dirancang secara khusus. Lahan ini biasa disebut lapangan golf atau padang golf (golf course).
Suatu padang golf memiliki sejumlah lubang (hole) sebagai sasaran dari permainan ini yang umumnya terdiri dari 9 lubang atau 18 lubang. Pegolf harus menyelesaiakan 18 hole pada setiap satu game. Bermain golf pada dasarnya bermain memasukkan bola ke dalam lubang sebanyak 18 kali, yang dimulai dari teebox yang diakhiri dengan memasukkan lubang (hole atau cup) yang ada di putting green. Setiap hole hanya memiliki satu lubang. Lubang tersebut biasanya ditandai atau ditancapkan dengan bendera. Demikian dilakukan berulang-ulang pada lapangan-lapangan berikutnya sebanyak 18 lubang .

permainan-golf

Asal usul dari golf memamg kurang jelas, tetapi berbagai kalangan umumnya setuju dengan teori olahraga golf berasal dari Skotlandia sekitar tahun 1100-an. Awalnya adalah penggembala Skotlandia memukul-mukul batu kecil hingga masuk ke lubang sarang kelinci di tempat yang sekarang menjadi The Royal and Ancient Golf Club of St Andrews. Permainan seperti golf pernah dimainkan pada 26 Februari 1297 di Belanda, tepatnya di kota Loenen aan de Vecht. Orang Belanda bermain dengan tongkat dan bola kulit. Pemenangnya adalah pemain yang terbanyak mengenai sasaran dengan bola. Dari laporan Profesor Ling Hongling dari Universitas Lanzhou menunjukkan bahwa permainan yang serupa golf, dahulu telah dimainkan di Cina pada era Dinasti Tang Selatan, sekitar 500 tahun sebelum golf disebut-sebut untuk pertama kali di Skotlandia. Dalam arsip Cina ditulis tentang pejabat Dinasti Tang Selatan yang mengajari putrinya cara menggali lubang di tanah dan memasukkan bola ke dalamnya. Menurut Ling Hongling, golf diperkenalkan orang Mongolia ke Eropa dan lalu Skotlandia pada akhir abad pertengahan.

Permainan golf yang dikenal sekarang umumnya dianggap sebagai penemuan orang Skotlandia karena pada abad ke-15 sudah ada Undang-Undang Parlemen Skotlandia berisi larangan bermain golf. Walaupun demikian, beberapa cendekiawan berpendapat undang-undang tersebut merujuk kepada permainan jenis lain yang lebih mirip shinty, hurling, atau hoki lapangan, dan bukan golf yang dikenal sekarang. Fakta menunjukkan golf “modern” berasal dan dikembangkan di Skotlandia. Padang golf permanen yang pertama juga berada di Skotlandia, begitu pula sistem keanggotaan di klub golf yang pertama. Peraturan tertulis pertama yang mengatur permainan golf juga berasal dari Skotlandia, dan juga padang golf 18 lubang yang pertama berada di Skotlandia. Turnamen golf resmi yang pertama dipertandingkan antarpegolf dari berbagai kota di Skotlandia. Tidak beberapa lama kemudian, permainan golf modern menyebar ke Inggris, dan kemudian ke seluruh dunia.

 

Sumber http://www.satujam.com/sejarah-golf/

Posted on: November 28, 2016, by : admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *