Rutin Membersihkan Wajah Membantu Mengatasi Jerawat dan Wajah Berminyak! Just Do It!

Bagaimana cara mengatasi jerawat dan wajah berminyak? Jerawat bisa bikin gawat. Jerawat tidak hanya menyebabkan wajah tampak tak menarik. Jerawat yang tidak ditanggulangi bisa menimbulkan iritasi sehingga proses penyembuhannya lebih lama.

Jerawat pada kulit sensitif bisa menyebabkan luka dan flek yang tidak mudah hilang sehingga tampak seperti bopeng yang dapat mengurangi rasa percaya diri. Member Jafra.

Penyebab Timbulnya Jerawat

Penyebab timbulnya jerawat pada dasarnya adalah tipe kulit dan kurang menjaga kebersihan. Jerawat lebih mudah diderita orang yang memiliki tipe kulit wajah berminyak.

Pada kulit wajah berminyak, kebersihan kulit adalah hal paling utama agar terhindar dari masalah jerawat. Lupa membersihkan wajah atau kurang maksimal dalam membersihkan wajah menyebabkan jerawat lebih cepat muncul.

Jerawat tumbuh ketika minyak yang diproduksi sel kelenjar minyak menutupi pori-pori wajah/folikel rambut. Bakteri mulai bekerja menembus folikel rambut.

Sebagai akibatnya, sistem imunitas akan mempertahankan diri dari serangan bakteri. Proses tersebut menimbulkan inflamasi yang ditunjukkan oleh tumbuhnya jerawat.

Jerawat ditentukan oleh tiga faktor utama, yaitu:

  1. Faktor jenis kulit. Jenis kulit berminyak akan lebih mudah berjerawat. Sebab jerawat pada dasarnya disebabkan oleh kelebihan produksi minyak yang menutup pori-pori kulit dan terkontaminasi bakteri.
  2. Faktor kebersihan. Membersihkan wajah secara rutin membantu meminimalisir terjadinya jerawat dan kulit teriritasi.
  3. Faktor psikologis dan kondisi hormonal. Kondisi stres dan menjelang menstruasi akan memicu produksi hormon tertentu sehingga meningkatkan produksi kelenjar minyak.

Selain ketiga faktor tersebut, timbulnya jerawat juga dipengaruhi faktor keturunan, faktor cuaca, dan efek samping kosmetik.

Tips Mengatasi Jerawat dan Wajah Berminyak

Kondisi Kulit berminyak tidak dapat diubah menjadi normal. Namun dapat dijaga kebersihannya agar tidak menimbulkan jerawat. Mencuci wajah terlalu sering dapat menyebabkan kulit teriritasi, namun jarang membersihkan wajah menyebabkan jerawat tumbuh subur.

Agar kulit berminyak tidak menimbulkan masalah jerawat, tips mengatasi jerawat dan wajah berminyak berikut ini bisa dijadikan bahan pertimbangan.

  1. Rajin membersihkan wajah menggunakan tisu penyerap minyak.
  2. Rutin membersihkan wajah menggunakan pembersih muka dan diakhiri dengan mengoleskantoner agar pori-pori kulit kembali normal.
  3. Mengobati jerawat menggunakan obat jerawat resep dokter atau yang dijual bebas.
  4. Memanfaatkan bahan alami sebagai obat jerawat seperti bawang putih, tomat, lidah buaya, mentimun, dan madu. Bahan-bahan tersebut dioleskan pada bagian kulit yang berjerawat rutin setiap hari hingga jerawat mengering.

Jika jerawat membandel hingga satu bulan dan tips mengatasi jerawat tidak memberikan hasil signifikan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan ahli dermatologis untuk mengatasi jerawat dan wajah berminyak lebih baik agar tidak nimbulkan bekas luka setelah jerawat mengering.

 

Posted on: January 27, 2017, by : isa jati negara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *