Resiko gigitan kutu anjing dan cara mengobatinya

Resiko gigitan kutu anjing dan cara mengobatinya.

Resiko gigitan kutu anjing dan cara mengobatinya.

Untuk beberapa penggemar hewan piaraan, mewaspadai kehadiran kutu anjing harus dikerjakan. Terkecuali menghisap darah hewan, seperti anjing serta kucing, serangga ini dapat juga menggigit serta menghisap darah manusia.

Kehadiran kutu anjing pada mamalia, termasuk juga manusia, bukanlah saja menyebabkan dampak mengganggu, tetapi juga membahayakan kesehatan. Bahkan juga, kutu ini dapat mentransfer cacing pita serta penyakit yang lain pada hewan piaraan yang dia menjadikan tempat hidup. Waktu menggigit manusia, kutu ini dapat mengakibatkan bermacam masalah kesehatan, dari mulai gatal sampai nampak sebagian tonjolan kecil. Pada beberapa masalah, sebagian tonjolan ini dapat keluarkan darah.

Jejeran Permasalahan yang Diakibatkan pada Manusia

Kutu anjing mempunyai kekuatan berkembang biak dengan cepat pada hewan piaraan. Tetapi janganlah terasa tenang dahulu cuma lantaran Anda tak mempunyai anjing atau kucing dirumah. Kutu juga punya potensi menginvansi halaman tempat tinggal seorang terlebih bila kebersihannya tak dijaga.

Waktu kutu anjing menggigit manusia, sebagian sinyal yang nampak dapat berbentuk kemunculan sebagian tonjolan merah memiliki ukuran kecil. Tonjolan ini umumnya dibarengi lingkaran merah yang melingkari pusat gigitan. Tempat favorite gigitan kutu anjing pada badan manusia yaitu dibagian kaki atau pergelangan kaki. Terkecuali lokasi itu, pinggang, ketiak, dada, paha, serta lipatan siku juga umum jadi tempat gigitan kutu ini. Umumnya, gigitan nampak dengan cara berkelompok sejumlah tiga atau empat dalam garis lurus.

Pada daerah yang digigit, rasa gatal yang kronis mungkin nampak. Pada ruang yang gatal ini, ruam peluang bakal nampak juga. Rasa gatal yang kronis itu punya potensi mengakibatkan infeksi. Diluar itu, pada setiap gigitan peluang muncul rasa nyeri atau sakit. Infeksi, nyeri, serta sakit ini dapat nampak akibat tak tahan untuk menggaruknya.

Walau tidak sering, kutu anjing dapat juga jadi penghubung infeksi cacing pita pada manusia. Penyakit itu diberi nama dipilidiasis, yakni saat seorang terinfeksi cacing bernama Dipylidium caninum. Seorang menanggung derita penyakit ini bila dengan cara tak berniat menelan kutu anjing yang telah terinfeksi parasit cacing Dipylidium caninum.

Langkah Menyembuhkan Gigitan Kutu Anjing

Apabila Anda alami gigitan kutu anjing yang menyebabkan reaksi enteng seperti sisa gigitan kemerahan, gatal, maupun berlangsung sedikit bentol, Anda bisa memakai losio kalamin maupun cream hidrokortison yang di jual bebas.

Tetapi, jika Anda menginginkan memakai beberapa bahan alami, tersebut cara-cara yang bisa Anda cobalah.

             Balurkan ampas kelapa

Langkah menyembuhkan gigitan kutu anjing dengan ampas kelapa ini begitu gampang. Cukup oleskan ampas kelapa pada daerah yang terserang infeksi serta bungkus dengan handuk sekitaran satu jam. Kemudian, basuh daerah yang terserang gigitan itu sampai bersih. Kerjakan sekitaran tiga kali untuk kurangi dampak pembengkakan yang dapat nampak akibat gigitan kutu.

             Oleskan lidah buaya

Langkah gampang yang lain untuk menyembuhkan gigitan kutu anjing yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Cukup mematahkan daun lidah buaya serta gosokkan pada sisa gigitan. Janganlah kuatir bila tak ada tanaman lidah buaya, Anda masihlah dapat berikan dengan gel yang memiliki kandungan lidah buaya. Khasiatnya pada keduanya sama juga.

             Gunakan daun kemangi

Tanaman lain yang bisa digunakan untuk menyembuhkan gigitan kutu anjing yaitu daun kemangi. Leburkan daun kemangi serta berikan pada ruang yang digigit. Bila ada minyak kemangi, cukup tetesi dua barangkali pada jari tangan, lalu berikan di daerah yang digigit.

             Cuci dengan teh

Bagaimana bila Anda digigit kutu anjing waktu tengah bersantai menyeruput teh di halaman tempat tinggal? Tak perlu menanti lama untuk menyembuhkan gigitannya. Segera saja bersihkan daerah yang digigit dengan minuman yang Anda tengah nikmati itu. Terkecuali dapat dengan dibilas dengan air larutan teh, tempelkan kantong teh pada ruang yang terserang gigitan juga sama efektifnya.

Bila gigitan kutu anjing telah menyebabkan rasa gatal yang kronis, mintalah anjuran dari dokter. Dokter dapat mereferensikan pemakaian obat antihistamin sebagai langkah perlakuan.

Posted on: July 23, 2016, by : aditya rizalah