Menghitung Harga Atap Baja Ringan

Ketika Anda memutuskan untuk memakai struktur atap ringan dan Anda belum memiliki banyak pengetahuan tentang pemasangan atap baja ringan ataupun berapa kebutuhan biaya yang wajib dikeluarkan untuk pembangunannya. Memang lebih baik jika kita percayakan kepada ahlinya, dalam hal ini adalah perusahaan jasa konstruksi baja ringan. Hal yang paling krusial adalah soal harga atap baja ringan. Seringkali Anda harus sudah memiliki acuan anggaran biaya yang harus dikeluarkan untuk pembangunan atap rumah Anda.

menghitung-harga-atap-baja-ringan
menghitung-harga-atap-baja-ringan

Selanjutnya Anda dapat menyusun anggaran biaya untuk proyek lainnya, sehingga mau tidak mau Anda wajib mempunyai pengetahuan yang dasar tentang cara untuk menghitung harga atap baja ringan. Berikut ini akan kita paparkan tips mudahnya untuk Anda yang sama sekali belum pernah memiliki ilmu tentang harga atap baja ringan. Dibawah ini adalah cara menghitung harga atap baja ringan, yaitu :

Buat Sketsa Gambar Atap

Pada artikel ini kita hanya membahas harga atap baja ringan pada model atap pelana. Langkah pertama, adalah buat sketsa atap rumah Anda.

 

Hitung Luas Atap Rumah

Langkah berikutnya yaitu menghitung luas atap rumah (LAR). Untuk mempermudah ilustrasi, kita akan gunakan contoh rumah dengan panjang 6 m  dan lebar 10 m. Perlu diketahui jika setiap atap mempunyai oversteck di sisi kanan, kiri, depan ataupun belakang, masing-masing 0,5 m. Kemudian anggap saja sudut kemiringan atap adalah 30°. Maka LAR nya adalah 7m x 11m : cos 30 = 88,92m2

Tentukan Material Penutup Atap

Sesudah Anda menemukan luas atap rumah, maka tentukan juga material penutup atap sesuai keinginan Anda, contohnya : genteng multiroof.

Hitung Biaya

Sesudah 3 langkah tersebut selesai, langkah terakhir adalah menghitung harga atap baja ringan. Pada tahap ini Anda harus mengetahui kisaran harga baja ringan per m2 serta harga genteng metal per m2. Contoh : harga baja ringan per m2 tebal 1,00mm sekarang ini sebesar Rp. 150.000 dan harga genteng metal per m2 adalah sebesar Rp. 100.000.

BBR = (LAR x harga baja ringan (m2)) + (LAR x harga penutup atap (m2))

= (88,92 m2 x  Rp. 140.000) + (88,92 m2 x Rp. 100.000)

= Rp. 12.448.800 + Rp. 8.892.000

BBR = Rp. 22.230.000

 

Posted on: December 19, 2016, by : zaenal zae

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *