Cara Mencegah Baut Motor Baru Cepat “Dol”

screen-09-36-4727-09-2016

Jakarta, KompasOtomotif – Grease atau gemuk tidak hanya berperan untuk melumasi sebagian komponen pada motor lama serta usang. Nyatanya, benda semipadat ini penting juga dipakai untuk motor baru. Kok dapat?

Penuturannya begini, banyak masalah di bengkel saat menginginkan ganti komponen fast moving, prosesnya tersendat dikarenakan kesusahan bongkar-pasang. Hal semacam itu dikarenakan baut-baut atau uliran tidak dapat di buka, bahkan juga banyak yang ”dol” dengan kata lain uliran aus.

Umpamanya, pergantian kanvas rem cakram. Banyak masalah untuk komponen ini, baut sulit di buka. Ujung-ujungnya, tukang bubut yang malah beraksi untuk membukanya.

”Tak hanya komponen bergerak, baut-baut pada bodi motor juga terkadang sulit di buka, terlebih buat pemakai yang tidak sering menjaga motor, ” ucap Sulaiman, mekanik bengkel sepeda motor Honda di Jl Radin Inten-RS Soekanto, Jakarta Timur, belum lama ini.

Bila salah dalam buka baut yang berkerak atau berkarat, patah bakal jadi akibat paling jelek. Ini semuanya bermuara dari umur komponen yang cukup lama serta tidak sering sekali di buka. Karat serta sama-sama melekat yaitu resikonya.

”Kalau motor baru biasanya baut-baut masihlah mudah di buka. Dianjurkan, baut-baut yang nampaknya akan sulit di buka di masa datang, diolesi grease serta dipasang lagi. Baut akan tidak berkarat serta melekat, ” kata Sulaiman.

Pemberian grease tak perlu ”lebai”, seperlunya saja. Bila telah melalui sistem ini, Sulaiman menanggung baut-baut pada roda, rem, hingga bodi-bodi bawah juga siap di buka setiap saat dengan gampang.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Agung Kurniawan

Posted on: September 27, 2016, by : aditya rizalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *