Cara Mudah Membeli Mobil Bekas dengan Dana Minim

Saat ini memiliki mobil telah menjadi sebuah hal yang tidak lagi sulit untuk dilakukan karena ada banyak tipe dan jenis mobil yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, di mana Anda bisa dengan mudah menyesuaikan harga dan kemampuan finansial yang Anda miliki dalam melakukan pembelian tersebut.

Jika belasan tahun lalu mobil adalah sebuah hal yang tergolong mewah dan sulit untuk dimiliki oleh kebanyakan orang, maka saat ini mobil bukan lagi identik dengan harga ratusan bahkan miliaran Rupiah saja, sehingga siapa saja bisa memilikinya dengan sejumlah persyaratan yang juga lebih fleksibel tentunya. Bukan hanya dalam masalah harga dan tipe saja, kemudahan dalam memiliki mobil juga difasilitasi oleh pengadaan kredit yang dilakukan oleh bank dan lembaga pembiayaan lainnya yang menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan.

Hal tersebut tentu saja menjadi sebuah langkah penting di dalam perkembangan dunia otomotif, meski sebenarnya tingginya jumlah penjualan mobil akan berbanding lurus dengan tingginya angka kemacetan di jalan raya, terutama di wilayah perkotaan. Meski demikian, animo masyarakat untuk memiliki mobil cukup tinggi, hal ini bisa dilihat dari tingginya angka penjualan mobil dari tahun ke tahun.

[ Baca juga: Pinjaman dana tunai cepat cair ]

Mobil Murah dan Dana Minim

Bagi Anda yang hanya memiliki dana dalam jumlah terbatas, Anda tetap bisa memiliki sebuah mobil murah yang harganya terjangkau dan cukup mudah didapatkan. Bahkan meski Anda hanya memiliki sejumlah dana yang terbatas atau minim Anda tetap memiliki kesempatan untuk membeli sebuah mobil secara kredit. Ada banyak bank dan lembaga keuangan yang bisa Anda ajukan kredit kepemilikan mobil, di mana layanan ini hampir dimiliki oleh semua bank di Indonesia.

Meski begitu, membeli sebuah mobil murah tetap akan melibatkan sejumlah uang yang tidak sedikit, karena itu Anda harus cermat dan berhati-hati dalam melakukannya. Simak beberapa poin di bawah ini yang bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan saat akan membeli sebuah mobil murah:

1. Pilih Dengan Cermat dan Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Pilih Dengan Cermat

Pilih Dengan Cermat via isellcar.com

 

Meski hanya akan membeli sebuah mobil murah, namun Anda harus benar-benar ekstra hati-hati dalam melakukannya, terutama bagi Anda yang membeli mobil murah bekas. Pilih sebuah mobil yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki, pastikan mobil tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh Anda dan keluarga.

Jangan memaksakan diri untuk membeli sebuah mobil dengan jenis atau tipe tertentu yang fungsinya terbatas dan tidak bisa mendukung segala aktivitas Anda. Hal tersebut hanya akan membuat pembelian yang Anda lakukan menjadi sia-sia dan percuma.

2. Sesuaikan dengan Anggaran

Sesuaikan Dengan Anggaran

Sesuaikan Dengan Anggaran via robbinsvillesun.com

 

Jangan pernah melampaui kemampuan finansial Anda, itu hanya akan membuat Anda mengalami kegagalan dalam pembelian mobil yang Anda lakukan. Pastikan harga mobil yang dibeli sesuai dengan jumlah dana yang Anda miliki dan tidak berada di luar kemampuan bayar yang ada.

Bila ternyata Anda akan membeli mobil secara kredit, maka setidaknya Anda harus memiliki sejumlah dana yang bisa mencukupi untuk membayar uang muka pembelian kredit tersebut ditambah dengan sejumlah biaya dan komisi. Besaran uang muka yang ditetapkan oleh bank atau lembaga keuangan adalah 25-30% dari harga beli tunai mobil tersebut.

3. Lakukan Simulasi Kredit

Lakukan Simulasi Kredit

Lakukan Simulasi Kredit via callidusproject.com

 

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuah simulasi kredit, pastikan Anda mendatangi sebuah bank atau lembaga keuangan untuk melakukannya secara langsung, hal ini untuk memastikan besaran cicilan pasti yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Pilih bank atau lembaga keuangan yang paling menguntungkan dan memberi banyak manfaat bagi pembelian yang akan Anda lakukan. Jangan puas hanya melakukan simulasi pada satu bank saja, namun Anda bisa mendatangi beberapa bank sekaligus untuk mendapatkan penawaran terbaik bagi mobil yang akan Anda beli.

4. Hindari Masa Cicilan yang Panjang

Cicilan Bulanan

Pakai Masa Cicilan yang Pendek via wired.com

 

Jumlah cicilan yang kecil akan berbanding lurus dengan masa cicilan yang panjang dan bunga cicilan yang juga besar, untuk itu Anda harus menghindari masa cicilan yang panjang dan mengusahakan masa cicilan pendek yang paling maksimal dan bisa dijangkau dengan keuangan Anda setiap bulannya. Anda juga bisa mensiasati hal ini dengan cara membayar uang muka yang lebih besar dari ketentuan bank atau lembaga pembiayaan yang akan Anda gunakan jasanya, hal ini akan membuat besaran utang Anda semakin kecil dan otomatis akan mempersingkat masa cicilan yang Anda miliki.

Baca Juga: Pahami Istilah-Istilah dalam Simulasi Perhitungan Kredit Mobil

5. Pilih Suku Bunga yang Paling Ringan

Pilih Suku Bunga yang Paling Ringan

Pilih Suku Bunga yang  Ringan via c2.staticflickr.com

 

Lakukan perbandingan pada beberapa bank atau lembaga pembiayaan, hal ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan suku bunga cicilan yang paling ringan. Tidak ada salahnya untuk melakukan negosiasi dengan pihak bank, barangkali mereka memiliki penawaran yang fleksibel dan membuat Anda lebih hemat dan mudah melakukan pembayaran cicilan.

6. Temukan dan Lakukan Perbandingan

Bandingkan

Temukan dan Bandingkan via autodealseverywhere.com

 

Setelah Anda yakin dengan besaran cicilan dan jumlah dana yang Anda miliki, maka Anda harus mencari dan menemukan sebuah mobil bekas terbaik yang akan Anda beli. Datangi beberapa showroom atau penjual yang bisa Anda temukan melalui iklan di internet atau media cetak lainnya. Pastikan mobil yang Anda beli dalam kondisi baik dan layak serta sesuai dengan harga yang akan dibayarkan.

Dalam melakukan hal ini, Anda dituntut untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai seluk-beluk mobil, karena Anda akan membeli sebuah mobil dalam keadaan bekas. Bila ternyata Anda tidak memiliki keahlian di bidang tersebut, maka Anda wajib untuk mengajak seorang teman yang ahli atau seorang montir profesional yang bisa dipercaya dalam melakukan penilaian terhadap mobil yang akan dibeli.

Tahap ini akan memerlukan kehati-hatian yang sangat besar, di mana Anda harus melakukan pengecekan secara keseluruhan pada mobil yang akan dibeli, termasuk melihat kondisi mesin dan surat-surat berharga mobil tersebut. Pastikan mobil yang Anda beli memiliki STNK dan BPKB yang asli, hal ini bisa Anda cek dengan cara membawa fotokopi dokumen tersebut ke Polda terdekat. Ini adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan, jangan sampai Anda membeli sebuah mobil yang memiliki dokumen palsu karena akan membawa sejumlah masalah dan kerugian di masa yang akan datang.

7. Test drive dan Bawa Pulang

Test Drive

Test  Drive via isellcar.com

 

Langkah terakhir dalam proses pembelian yang akan Anda lakukan adalah test drive, sebelum pada akhirnya Anda akan membawa pulang mobil tersebut ke rumah. Pastikan Anda merasa nyaman dan aman saat berkendara dengan mobil tersebut. Anda juga bisa meminta seorang teman atau montir untuk menemani sekaligus melakukan test drive pada mobil yang akan Anda beli tersebut.

8. Kelola Keuangan dengan Cermat

Kelola Keuangan Dengan Cermat

Kelola Keuangan Dengan Cermat via wordpress.com

 

Setelah mengajukan kredit mobil murah, tentunya Anda akan memiliki sejumlah utang atau  angsuran yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Untuk itu, Anda dituntut untuk mampu mengelola keuangan Anda dengan cermat dan bijak. Tetapkan besaran pengeluaran yang akan Anda lakukan setiap bulannya, hal ini akan membantu Anda untuk membatasi jumlah pengeluaran yang sifatnya bisa ditunda atau dihindari. Jangan membelanjakan uang Anda untuk hal-hal yang tidak penting, terutama bila hal tersebut telah berada di luar jumlah besaran pengeluaran yang Anda tetapkan.

9. Cicil dengan Baik

Cicil Dengan Baik

 

Cicil Dengan Baik via autobytel.com

 

Saat melakukan cicilan sebuah mobil, maka sebaiknya Anda memisahkan sebuah rekening tersendiri yang pemanfaatannya khusus bagi semua cicilan dan tagihan tetap bulanan yang Anda miliki. Hal ini akan membantu Anda mengatur dan mengalokasikan dana dengan tepat, sehingga Anda tidak menemukan masalah terkait dengan cicilan mobil yang Anda miliki.

Rekening ini bisa Anda gunakan untuk mengaktifkan layanan pembayaran otomatis dari bank Anda, di mana Anda bisa membayar sejumlah tagihan seperti: tagihan listrik, tagihan air bersih, cicilan KPR, cicilan mobil, dan tagihan lainnya. Pembayaran otomatis juga akan menghemat banyak waktu dan tenaga Anda dalam mengatasi pembayaran pada beberapa pos pengeluaran setiap bulannya.

Tetap Menabung

Meski Anda memiliki cicilan mobil setiap bulannya, Anda harus tetap menabung secara rutin setiap bulannya. Ini bisa Anda gunakan sebagai dana tabungan investasi di masa depan dan sebagai dana cadangan terhadap berbagai macam pengeluaran tak terduga. Memiliki mobil kredit akan membuat Anda memiliki sejumlah utang dalam beberapa tahun ke depan. Untuk itu Anda harus mampu melakukan pengelolaan terhadap keuangan yang Anda miliki. Jangan anggap enteng semua tagihan dan cicilan tetap yang Anda miliki, pastikan Anda memiliki sejumlah tabungan setiap bulannya yang bisa digunakan sebagai dana cadangan bila sewaktu-waktu mengalami kesulitan keuangan.

sumber: cermati.com

Baca juga pinjaman dana tunai dengan berbagai kemudahan 

Posted on: May 22, 2017, by : ratna sant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *