3 Profesi Menarik Soal Pekerjaan Menulis

pekerjaan menulis

Menulis dewasa ini menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Pasalnya perkembangan teknologi sangat pesat. Banyak sekali orang yang kemudian banting stir menjadi penulis artikel untuk mengisi kebutuhan konten dalam website.

Pun demikian dengan perkambangan buku di negeri ini. Semakin tingginya kesadaran masyarakat akan informasi, media cetak maupun buku menjadi pilihan yang cukup meyakinkan. Tidak heran jika beberapa penerbit pun dituntut untuk bisa selalu menyajikan hal-hal baru.

Perkembangan dunia buku maupun media elektronik memang memberikan keuntungan tersendiri untuk penggiat dunis kepenulisan. Pekerjaan menulis pun saat ini sudah tidak bisa diremehkan lagi. Kendati, profesi ini masih kalah diminati ketimbang menjadi pegawai negeri sipil atau pekerjaan di perkantoran.

Untuk bisa menggeluti dunia menulis memang dibutuhkan proses yang tidak sebentar. Ini yang menyebabkan banyak penulis pemula yang tidak sabaran kemudian memilih cari profesi lain. Padahal jika ditekuni, profesi ini cukup menjanjikan.

Berikut ini beberapa pekerjaan menulis yang cukup menjanjikan jika digeluti dengan serius.

pekerjaan menulis

  1. Penulis buku

Jika suka menulis, menjadi penulis buku sangat menyenangkan lho. Saat ini banyak sekalipenerbit yang mencari penulis freelance. Artinya kita tidak perlu buang-buang waktu untuk ngantor. Cukup duduk di rumah sambil buka laptop atau komputer.

Untuk bisa bekerja sama dengan penerbit pun saat ini cukup mudah. Dewasa ini penerbit sudah membuka diri untuk melakukan kerjasama secara mandiri dengan penulis freelance. Cukup dengan mengajukan tema yang akan ditulis. Tips agar penerbit bisa menerima ajuan tema, sebaiknya pilih yang kekinian dan laris di pasaran.

  1. Penulis artikel online

Menjadi penulis artikel online juga sudah banyak digeluti. Pekerjaan menulis artikel online kini banyak dibutuhkan. Ini untuk mengisi website yang banyak bertebaran di dunia maya. Kepentingannya pun beragam, mulai untuk iklan (menawarkan suatu barang) atau memberikan informasi.

Untuk menjadi penulis artikel online, kita bisa bekerjasama dengan instansi yang memang menyalurkan kepada pemilik web. Atau kita bisa menawarkannya secara online juga kepada beberapa perusahaan yang menggunakan media online untuk sarana promosinya.

  1. Jurnalis

Salah satu pekerjaan di dunia kepenulisan selanjutnya adalah menjadi jurnalis. Hanya saja, ketika menjadi jurnalis, tidak hanya dibutuhkan kemampuan menulis saja. Namun, juga harus memiliki kemampuan dalam hal wawancara.

Ilmu soal jurnalistik ini sebenarnya tidak hanya diperoleh dari bangku sekolah formal saja. Kini sudah banyak sekali jurnalis yang tidak pernah mendapatkan pendidikan formal soal jurnalistik. Justru banyak diantara para jurnalis yang memperoleh ilmunya dari mengikuti workshop, pelatihan, atau ikut kegiatan sekolah dan kemahasiswaan dulu.

Nah banyak sekali bukan pekerjaan menulis yang bisa digeluti. Jika memang sudah punya kemampuan menulis tidak ada salahnya mencoba semua jenis pekerjaan tersebut. Tapi jika hanya ingin dijadikan sambilan, lebih baik memilih profesi nomor satu dan dua. Ini karena pekerjaan jurnalis memang tidak bisa dijadikan sambilan.

Posted on: May 17, 2016, by : isa jati negara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *